4 Penghalang Rezeki

SMPIT Al Izzah– Sudah diatur jumlah dan waktunya. Akan bertambah seiring barokah yang menyertainya. Namun jika ada penghalang akan lain cerita. Ibnul Qoyyim Rahimahulloh menjelaskan tentang penghalang, untuk lebih faham sebab kenapa. Agar kemudahan di raih oleh setiap kita.

 

Di sebut penghalang, seperti air macet terhalang sampah yang menahannya. Membuat aliran kecil, menumpuk sampah lain yang tertahan dengannya. Kadang membuat terhenti sama sekali aliran air olehnya.

Pertama, tidur pagi yang membiasa. Sekalipun sudah banyak menjadi pola. Setidaknya kita tau dampak setelahnya. Berkurangnya sehat, ibadah, ilmu dan rezeki darinya. Bahkan berkurang juga denganya rasa bahagia.

Sedikit sholat, penghalang rezeki kedua. Jika yang Maha Memberi dan Yang Maha Mengatur rezeki, malas menemuiNya. Bisa di tebak nasib akhirnya ?. Yang tidak bisa membalas jasa dari yang Maha Berjasa, akan lebih gagal membalas jasa dari kebaikan siapapun kepadanya.

Malas, penghalang rezeki yang ke tiga. Di tandai dengan hilangnya selera. Selera kebaikan, selera berbuat baik, sampai selera meraih pahala. Merasa puas dengan yang ada. Identik dengan putus harapan, cita-cita dan asa.

Khianat, penghalang rezeki yang selanjutnya. Ketika sedang digalakan kerjasama. Khianat merusak segalanya. Hilang setia dan hilang orentasi taqwa dan pahala. Bertambah sakit jika khianat lahir dari teman dekat, tetangga apalagi dari keluarga.

Dari ke empatnya bermuara di satu tema. Hilang syukur dari yang seharusnya. Maka bukan rezeki yang didapatkan, justru celaka dan siksa. Semoga kita terhindar darinya. Menjadi lebih waspada. Dan bergerak melindungi darinya diri, keluarga serta orang-orang yang kita cinta…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *